METODE MULAZAMAH

Mulazamah diambil dari kata berbahasa Arab, لازم – يلازم yang berarti ‘menemani’ atau ‘tinggal bersama’. Kata ini biasa digunakan oleh para ulama untuk menggambarkan seorang murid yang belajar dan tinggal bersama gurunya.

Mulazamah merupakan sistem pembelajaran yang alami dan telah digunakan oleh para ulama dari generasi ke generasi. Mulazamah terbukti merupakan metode yang paling efektif dalam pembelajaran ilmu syar’i, hingga menghasilkan para ulama yang sangat berkompeten. Beberapa ulama kontemporer yang pernah menjalani metode mulazamah antara lain, Syaikh Muhammad Nashiruddin Albani, Syaih Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin, dan beberapa ulama lain yang dikenal sangat menguasai bidang ilmu syar’i sehingga menjadi rujukan kaum muslimin.

Maka, Ma’had Aliy Darul Wahyain memilih untuk menggunakan mulazamah sebagai metode dalam mendidik para santrinya dengan tujuan agar mampu mencapai hasil yang maksimal dalam hal kaderisasi calon ulama. Ma’had Aliy Darul Wahyain menilai mulazamah merupakan metode paling tepat dan efektif dalam pembelajaran ilmu syar’i.

Di antara kelebihan mulazamah dibandingkan sistem lainnya dalam pembelajaran ilmu syar’I adalah karena  dalam metode mulazamah setiap disiplin ilmu dipelajari secara tuntas dan terperinci, sebelum beralih ke disiplin ilmu yang lain. Dengan demikian, perhatian para santri bisa fokus untuk menguasai setiap disiplin ilmu syar’i yang dipelajarinya secara mendalam, luas, dan tuntas.

Selain itu, guru yang mengajarkan seluruh materi ilmu tinggal 24 jam di kompleks pesantren sehingga memiliki kesempatan yang luas untuk mengajarkan ilmu serta membimbing para santri dalam memahami dan mengamalkan berbagai ilmu syar’i yang dipelajari.

ALASAN PENGGUNAAN METODE MULAZAMAH

Selain beberapa pertimbangan di atas, berikut  ini beberapa alasan mengapa Ma’had Aliy Darul Wahyain menggunakan metode mulazamah:

  • Mulazamah adalah metode pembelajaran yang digunakan mayoritas Salafus Sholih dalam menuntut ilmu syar’i, hingga menghasilkan suatu generasi ilmy yang mencengangkan dunia.
  • Mulazamah adalah metode pembelajaran yang lebih menekankan aspek penguasaan materi ilmu syar’i secara rinci dan mendalam.
  • Mulazamah adalah metode pembelajaran yang nyata-nyata terbukti lebih mampu melahirkan kader ulama yang memiliki kompetensi dan konsistensi dalam din.
  • Mulazamah adalah metode pembelajaran yang menuntut para guru dan pelajar untuk fokus terhadap materi-materi ilmu syar’i yang diajarkan, kecuali bila terdapat hal lain yang dapat menjadi sarana penunjang; maka dipelajari sesuai kebutuhan.
  • Mulazamah memprioritaskan kualitas ilmu dan amal menurut neraca syar’i. Maka segala hal yang menjadi kendala, harus ditinggalkan, baik personal maupun materi atau kegiatan ataupun selainnya.
  • Diharapkan metode mulazamah ini akan menghasilkan sosok calon ulama yang mampu mengarahkan masyarakat dan mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap ilmu din
  • Diharapkan pula, selesai mengikuti mulazamah, para alumnus siap  mengikuti program kaderisasi ulama, baik di dalam maupun di luar negeri.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s